Cara Mengatur Timer Untuk Shutdown Otomatis Tanpa Software Tambahan

Minggu, 09 Januari 2011

















Saat menonton film atau membaca e-book melalui komputer, kadang bisa saja tanpa sengaja tiba2 aku tertidur. Hal ini mungkin juga pernah Anda alami, menonton film di laptop Anda dan kemudian berbaring dan tertidur pada menit berikutnya, dkarenakan kemungkinan Anda kecapekan atau bisa jadi film yang membosankan Anda.

Banyak pecandu download file yang berukuran besar harus menunggu mendownload semalaman. Sambil menunggu kemungkinan bisa saja mereka tertidur, dan ketika terbangun ternyata file download sudah selesai. Jadi mereka menghidupkan komputer tanpa adanya aktivitas setelah download. Hal ini bisa saja menghabiskan sumber daya listrik. Yah, memang tidak seberapa sih biayanya, tapi alangkah baiknya kalo kita mematikan komputer begitu tidak ada lagi aktivitas yang dilakukan.

Jika kemarin ada software untuk mengatur waktu shutdown, menjadi timer untuk shutdown otomatis, kali ini akan dibahas cara untuk mengatur timer shutdown otomatis tanpa software tambahan.

Cara Mengatur Timer untuk Shutdown Otomatis

Mengatur timer untuk shutdown otomatis bukan masalah besar, sebenarnya banyak orang sudah tahu tentang itu, tapi tidak ada salahnya aku juga berbagi artikel tentang trik ini.

Tidak ada software untuk diinstal dan tidak ada tweaks harus dibuat. Sebuah shutdown otomatis inbuilt Windows dan siap untuk dieksplorasi. Mari kita lihat bagaimana kita dapat mengatur timer untuk shutdown otomatis.

# Klik kanan pada desktop. Pilih New → Shortcut.
# Sebuah kotak New Shortcut dialog akan muncul.
# Tuliskan pada kotak lokasi : shutdown.exe -s -f -t 1440



Angka 1440 di atas menyatakan detik, dimana proses shutdown akan dilakukan setelah 1440 detik atau 4 jam. Anda bisa merubahnya sesuai keinginan berapa lama shutdown akan dilakukan.

# Klik next, kemudian beri nama shortcut tersebut misalnya shutdown, klik finish maka sebuah shortcut akan dibuat pada desktop. Klik dua kali pada shortcut setiap kali Anda ingin memulai sebuah shutdown otomatis. Jika Anda ingin mengubah waktu, klik kanan pada shortcut, pilih properties dan pada tab shortcut tinggal diubah detiknya pada target.

























Perintah ini juga bisa dilakukan melalui Run Box atau CMD

Untuk mengganti perintah shutdown menjadi restart atau logoff, ganti -s dengan -r untuk restart atau ganti -s dengan -l untuk logoff.

Bagaimana untuk membatalkan Shutdown

Jika Anda sudah terlanjur menjalankan perintah shutdown otomatis, tiba2 ingin membatalkannya karena sesuatu hal, maka yang Anda lakukan adalah sebagai berikut

# Buka kotak Run dengan cara tekan tombol windows + R pada keyboard
# Ketik shutdown.exe –a
# -a artinya adalah abort , maka shutdown otomatis akan dibatalkan

sumber. 
http://thekriminal.blogspot.com
Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook
Reddit

0 komentar:

histats

visitor

free counters

recent post

recent post

recent comments